Kamis, 29 Juni 2017

Feature 8

Dampak Positif Game Online Menurutku



Perkembangan teknologi saat ini begitu pesat. Tak heran para ahli memberikan istilah dengan Gejala Revolusi. Salah satu hasil perkembangan teknologi tersebut adalah internet. Sebuah teknologi yang membuat setiap orang bisa berhubungan dengan siapapun didunia yang berjarak jauh hanya dengan duduk di depan komputer.

Salah satu layanan internet yang sedang ramai digunakan adalah game online, yakni game komputer yang dapat dimainkan multi pemain atau dapat berinteraksi dengan pemain lain melalui internet. Game online sampai saat ini masih menjadi layanan internet yang sangat digandrungi mulai dari anak-anak hingga orang dewasa tua. Karena game online, permainan ini dapat dimainkan bersama 100 orang lebih sekaligus sambil berhubungan satu sama lain.

Banyak orang-orang awam yang mengeluh bahwasanya bermain game online hanya akan membawa dampak negatif pada pemainnya. Namun perlu digaris bawahi dan pahami, jika bisa menggunakannya secara benar, game online juga bisa membawa dampak yang positif. Kalo menurut prinsipku “Kita yang bermain, Jangan Kita yang dipermainkan oleh game online”.

Berikut beberapa dampak positif Game Online menurutku meliputi :
  1. melatih kemampuan untuk memusatkan perhatian dan konsentrasi pemainnya.
  2. melatih kemampuan dalam memecahkan masalah dengan menggunakan analisa.
  3. melatih kemampuan untuk mengatur sistematis kerja guna mencapai tujuan.
  4. Melatih kemampuan dan mengembangkan kesabaran dan keteknunan.
  5. Melatih memusatkan perhatian dan konsentrasi pemainnya.
  6. dapat memberi rasa rileks dan mengendurkan urat saraf karena kesibukan rutin atau kecapekan setelah suntuk dengan beban perkuliahan.
  7. tidak membuat orang terutama (pemainnya) gampang putus asa.
  8. Melatih kemampuan imajinasi bagi anak-anak.
  9. Melatih kemampuan memanage waktu
  10. Dan yang terakhir membentuk rasa percaya diri seseorang.
Demikian dampak positif game online menurut aku. Realitanya, dari zaman masih SMA sampai kuliah saat ini jujur aku masih bermain game online dan tidak berdampak buruk bagi perkuliahanku sampai saat ini atau berdampak buruk bagi seseorang yang berteman atau dekat denganku, karena yang baik dan buruk itu selalu  berdampingan. Tinggal bagaimana kita memanfaatkannya. Jadi, ada baiknya jika kita bisa memanfaatkan game online dengan bijak dan digunakan seperlunya. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar