Senin, 10 Juli 2017

Feature 12

Tips Aman Melakukan Perjalanan Jauh dengan Kendaraan Bermotor



Sepeda motor adalah kendaraan yang sangat umum dijumpai di Indonesia terutama di Provinsi Bengkulu. Hampir setiap keluarga memiliki sepeda motor, beberapa bahkan memiliki lebih dari satu. Karena harganya yang terjangkau dan efektif, sepeda motor menjadi salah satu alat transportasi yang sangat digemari oleh masyarakat Bengkulu.
Namun, apakah kalian pernah bepergian jarak jauh dengan sepeda motor? Saya rasa pasti pernah. Budaya masyarakat Bengkulu, yaitu mudik atau pulang kampung di setiap libur panjang keagamaan, dan libur Semester perkulihan menjadikan sepeda motor menjadi satu alat transportasi yang paling banyak digunakan oleh masyarakat bengkulu terutama Mahasiswa Universitas Bengkulu.

Hari Jumat yang lalu saya dengan Ibu saya melakukan perjalanan jarak jauh dengan sepeda motor dari Kota Bengkulu menuju ke Tais. Perjalanan memerlukan waktu tempuh selama kurang lebih 2 jam dengan jarak tempuh sekitar 40 km. Sebenarnya ada banyak pilihan transportasi yang bisa kami manfaatkan, seperti: Travel yang tentunya jauh lebih aman, cepat dan nyaman bila dibandingkan dengan sepeda motor. Namun, demi pertimbangan dari sisi pengalaman serta mengirit biaya, maka kami putuskan untuk menggunakan sepeda motor sebagai alat transportasi.

Mengingat perjalanan kami yang akan memerlukan waktu tempuh lama serta jarak yang jauh, maka jauh-jauh hari sebelum keberangkatan kami telah membuat persiapan. Persiapan-persiapan yang kami lakukan mungkin berguna bagi Kalian yang juga sedang merencanakan akan melakukan perjalanan jauh dengan sepeda motor seperti yang sudah kami lakukan, persiapan tersebut diantaranya:
1. Cek fisik kendaraan
Sepeda motor saya dibuat pada tahun 2014 oleh pabrikannya. Seminggu sebelum keberangkatan saya melakukan pemeriksaan fisik dengan membawanya ke bengkel. Ada beberapa bagian dari motor yang saya ganti dengan yang baru. Saya tidak ingin perjalanan kami terganggu jika sampai motor tua saya mogok di tengah jalan.

2. Memeriksa kelengkapan kendaraan
Kondisi mesin sepeda motor yang prima tidak akan lengkap jika tidak didukung dengan kelengkapan kendaraan lainnya, seperti: lampu depan, lampu belakang, lampu sein kanan dan kiri, kaca spion kanan dan kiri, klakson, rem depan, rem belakang, kondisi ban depan belakang dan jika sudah gundul sebaiknya segera diganti dengan yang baru dan pastikan semuanya berfungsi dengan baik. Peralatan seperti tang, obeng dan kunci-kunci pas sebaiknya jangan Anda tinggalkan di rumah. Serta yang tidak kalah penting adalah surat-suratnya yang meliputi KTP, SIM serta STNK, jangan penah sampai lupa membawanya.

3. Kebugaran tubuh
Sempat selang dua hari sebelum hari keberangkatan mendadak alergi saya kumat, sehingga membuat saya kurang bersemangat. Saya mulai ragu apakah saya akan berangkat atau tidak, kemudian waktu itu saya putuskan hari kamis kemaren juga saya harus istirahat total dan meminum beberapa vitamin dari dokter. Keesokan harinya saya dapati tubuh saya kembali bugar dan saya siap untuk berangkat keesokan harinya.

4. Perlengkapan keamanan tubuh
Alat keamanan tubuh seperti kacamata, helm, sepatu, jaket, sarung tangan dan masker penutup hidung tidak lupa saya kenakan. Perjalanan jauh sering membuat tubuh kita kelelahan Alat-alat tersebut dapat menghindarkan setidaknya meminimalisir diri kita dari bahaya jika hal-hal yang tidak kita inginkan terjadi.

5. Tas bawaan
Adakalanya kita ingin membawa oleh-oleh untuk saudara kita di tempat tujuan, maka usahakan barang bawaan Anda tidak melebihi kemampuan yang Anda mampu untuk membawanya. Bawalah tas punggung dan jika terpaksa tempatkan oleh-oleh Anda ke dalam kotak kardus yang tidak terlalu besar dan mengikatkannya kuat-kuat di belakang tempat duduk motor Anda. Namun, jika Anda berboncengan lebih baik Anda tidak membawa barang-barang yang terlalu banyak, lebih baik oleh-oleh yang Anda bawa bisa Anda kirim dengan memanfaatkan jasa pengiriman.

Jika Anda merasa lelah jangan ragu untuk beristirahat, bersepeda motor harusnya menjadi kegiatan santai dan bukan untuk mencari seberapa cepat Anda bisa mencapai tempat tujuan. Selamat berkendara dan semoga selamat sampai tujuan!


Tidak ada komentar:

Posting Komentar